My Short Story

Sejarah dan Jenis-Jenis Coding (Bahasa Pemograman)


Saat ini semua hal di sekitar kita serba digital. Kita pun telah menikmati banyak sekali kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan. Namun dibalik kemudahan dalam berbagai aspek, ada usaha yang tidak kalah sulitnya demi menciptakan hal tersebut. Seperti aplikasi di smartphone yang memiliki banyak jenis dan fungsi dengan berbagai aplikasi di dalamnya. Sebuah aplikasi yang serbaguna tersebut dibuat melalui proses coding yang melelahkan atau bahkan justru mengaasyikan bagi sebagian orang. Coding sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan untuk membuat sebuah aplikasi. Namun tentu kita tidak bisa puas dengan penjelasan seperti itu. Istilah ini bisa diartikan sebagai segala jenis usaha atau kegiatan untuk menyusun, menguji, memperbaiki kode-kode tertentu demi menciptakan sebuah program. Secara analogi kita bisa mengumpamakan kegiatan coding sebagai cara kita untuk berkomunikasi dengan mesin. Dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu kita bisa memerintahkan mereka untuk melakukan suatu tugas.

Sejarah Bahasa Pemograman

Bahasa pemogramam merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman (programming languages) diciptakan oleh seorang wanita bernama Ada Lovelace. Nama aslinya adalah Augusta Ada Byron merupakan seorang penulis dan matematikawan yang menciptakan bahasa pemrograman pertama. Lovelace menciptakan bahasa pemrograman untuk sebuah mesin dan seiring waktu banyak orang2 yang mengembangkan hingga dapat digunakan pada komputer, saat ini sampai bisa terhubung ke internet.
Pada tahun 1822 ada seorang ilmuwan bernama Charles Babbage yang menciptakan sebuah mesin yang disebut analytical engine atau mesin penganalisa tapi banyak juga yang menyebutnya difference engine alias mesin yang membedakan. Kalo saat ini kita bisa sebut ini sebagai komputer, karena sebetulnya pada mesin ini terdapat layar yang mampu menampilkan hasil analisanya. Dalam mesin ini terdapat banyak sekali metode dari mulai menghitung, rincian keseluruhan, dll. Tentu hal ini sangat menyulitkan ketika akan digunakan, segala perangkat yang ada di dalam mesin ini harus digunakan dengan cara manual satu persatu baru bisa menampilkan hasil penganalisaan. Pada tahun 1840an munculah Lovelace dengan rasa penasarannya yang tinggi dan ilmu luar biasa yang dimilikinya. Ia mengetahui bahwa pada mesin yang diciptakan Charles Babbage terdapat sistem komputer yang memerlukan instruksi khusus agar dapat berjalan dengan baik dan mudah sedangkan Babbage menjalankannya dengan cara manual. Kemudian Lovelace menciptakan bahasa pemrograman yang mampu menjalankan serangkaian langkah2 untuk program komputer tersebut, langkah mengetik kedalam komputer / layar yang menampilkan hasil, langkah mengeksekusi, langkah percabangan logis & langkah orientasi objek.
Pada penemuan awal Lovelace hanya mampu menggerakkan mesin dan kemudian mengeksekusi hasil dari proses yang dilakukan si mesin tersebut, penemuan awalnya ini bisa dikatakan bahasa pemrograman / bahasa komputer physical motion (gerak fisik). Semakin Lovelace bernafas semakin meningkat hasil penemuannya, ia mulai merubah bahasa pemrograman yang hanya mampu menggerakkan mesin dan mengeksekusi menjadi sinyal2 listrik / setiap perangkat pada mesin dapat mengirim dan menerima listrik dengan mudah. Sebelumnya mesin yang diciptakan Babbage ini perlu dilakukan secara manual dalam pengiriman listriknya dengan menggunakan tombol on/off di masing2 perangkat, Tentu sangat membosankan… Penemuan Lovelace ini masih sering terjadi kerusakan kecil / error setiap mesin ini digunakan beberapa hari. Lovelace dibantu oleh matematikawan Italia bernama Luigi Menabrea, Loverace dibantu dengan artikelnya tentang rumusan2 matematika & perhitungan. Dan membuahkan hasil yang luar biasa hingga mesin dan bahasa pemrogramannya dapat berjalan seperti seharusnya. Sayang sekali, sebelum sempat ia meneruskan semua bahasa pemrogramannya ia meninggal dunia akibat kanker rahim yang di deritanya. Bahkan Lovelace pun belum sempat memberi nama pada bahasa pemrograman yang ia ciptakan karena  masih mempunyai tujuan untuk bahasa pemrogramannya tersebut dan ia anggap belum lengkap walaupun mesin Babbage sudah bisa berjalan dengan mudah. Ia masih mempunyai mimpi untuk melengkapi bahasa pemrogramannya sampai benar2 “completed”. Sungguh disayangkan ia gagal untuk melanjutkan / melengkapi bahasa pemrogramannya. Tapi disisi lain, ia sudah sangat luar biasa bisa menciptakan bahasa pemrograman pertama di muka bumi. Atas penemuannya yang luar biasa, bahkan bermanfaat untuk Amerika dan negara lain maka Amerika memberikan penghargaan kepada keluarga2nya. Sebagai penghormatan, Amerika Serikat menamakan bahasa pemrograman ini “Ada” yang diambil dari nama Ada Lovelace. Tapi setelah kematian Lovelace, masih ada beberapa orang yang ingin mencoba untuk melengkapi penemuannya walaupun hasilnya tidak begitu baik. Waktu terus berjalan dan bumi ini terus melahirkan orang2 hebat yang dapat menciptakan bahasa pemrograman dalam jenis lainnya yang sangat berguna sampai saat ini.

Jenis-Jenis Bahasa Pemograman

  1. Bahasa pemrograman C  (kategori tingkat tinggi)
  2. Dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.
  3. Bahasa pemograman JAVA (kategori tingkat tinggi)
  4. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
  5. Bahasa pemograman PYTHON
  6. Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.
  7. Bahasa pemograman RUBY
  8. Ruby adalah bahasa skripting yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar sepertiPerl dan Python.
  9. Bahasa pemograman SQL  (kategori tingkat tinggi)
    SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.
  10. Bahasa pemograman ColdFusion
  11. ColdFusion adalah server aplikasi dan framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangkan perangkat lunak komputer, khususnya situs web dinamis.
  12. Bahasa pemograman PHP  (kategori tingkat tinggi)
  13. PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
  14. Bahasa pemograman HTML  (kategori tingkat tinggi)
  15. HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
  16. Bahasa pemograman COBOL
  17. COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.
  18. Bahasa pemograman MICROSOFT VISUAL BASIC  (kategori tingkat tinggi)

    Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputerberbasis grafik dengan cepat.
  19. Bahasa pemograman VISUAL C++ (kategori tingkat tinggi)
  20. Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untukbahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio.
  21. Bahasa pemograman DELPHI  (kategori tingkat tinggi)
  22. Umumnya delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop danenterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.
  23. Bahasa pemograman C++ (kategori tingkat tinggi)
  24. C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
  25. Bahasa Pemrograman ASP
  26. ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
  27. Bahasa Pemrograman XML
  28. Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
  29. Bahasa Pemrograman WML
  30. WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
  31. Bahasa Pemrograman PERL
  32. Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
  33. Bahasa Pemrograman CFM
  34. CFM dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.
  35. Bahasa Pemrograman Javascript (kategori tingkat tinggi)
  36. Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.
  37. Bahasa Pemrograman CSS
  38. Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).



Sumber :

0 Comment: